BANTUAN SOSIAL TUNAI COVID-19

IMG-20200429-WA0029Mari kita simak dan cermati apa itu Bantuan Sosial Tunai covid-19.

Yang perlu kita ketahui lebih dulu adalah jenis bantuan dan sumber anggaran dari bantuan sosial itu sendiri. Bantuan sosial untuk warga terdampak covid-19 terdiri dari 7 jenis dan sumber anggaran yang berbeda, diantaranya ada PKH, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), BLT Kemensos Pusat, Kartu Pra Kerja, BLT Kabupaten, BLT Propinsi, dan BLT Dana Desa. Besaran bantuan yang diberikan antara satu summber anggaran dengan yang lainnya pun berbeda-beda, juga calon penerimanya. Calon penerima Bantuan sosial adalah warga miskin, warga yang kehilangan sumber penghasilan, dan yang mempunyai keluarga rentan sakit akibat covid-19.

mari kita bedah satu per satu… tapi kita tidak akan bahas PKH dan BPNT yaaa,, karena itu sudah ada bagiannya dan kami pastikan yang mendapat bantuan sosial lainnya adalah yang bukan penerima PKH dan BPNT. jelas ya sampai sini…

Dan untuk Kartu Pra Kerja siakan bisa ditanyakan ke Kementiran terkait atau buka link ini https://www.prakerja.go.id/

  1. Bantuan Sosial dari Kemensos Pusat : Bantuan sosial ini sumber anggarannya dari Kementrian Sosial Pusat (APBN), diberikan kepada calon penerima yang datanya juga langsung dari Kementrian Sosial iu sendiri. Pemerintah Desa hanya menerima data yang dikirimkan melalui TKSK kecamatan Losari. Sedangkan calon penerima Bansos Kemensos untuk Desa Losari Lor sejumlah 271 KK. mekanisme penyalurannya masih dalam proses penetapan, yaitu melalui Kantor Pos dan Bank BUMN yang sudah ditunjuk. Besaran bantuan sosial dari Kemensos yaitu 600 ribu x 3 bulan.
  2. Bantuan Sosial dari Propinsi : Bantuan Sosial ini sumber anggarannya dari Pemerintah Propinsi Jawa Tengah, besaran bantuan yang akan diberikan dalam perencanaannya adalah 200 ribu x 3 bulan. Diberikan kepada warga terdampak yang datanya diambil dari sebagian data pemudik yang melapor dan lebih khusus lagi yang terkena imbas PHK dan kehilangan pekerjaan atau sumber penghasilan. Desa juga diberikan kebijakan untuk menambahkan sesuai kuotanya yaitu sejumlah 128 KK totalnya. Melalui Ketua RT diwilayah Desa Losari Lor telah melakukan pemetaan dan pendataan terkait calon penerimanya, di luar penerima PKH, BPNT dan Bantuan Sosial Kemensos.
  3. Bantuan Sosial Kabupaten : Bantuan ini bersumber dari APBD Kabupaten Brebes yang akan diberikan kepada warga yang datanya diambil dari Pemerintah Kabupaten Brebes itu sendiri. Pemerintah Desa diberikan kewenangan untuk memverifkasi dan memilah agar tidak ada dobel data penerima. Jadi, calon penerima wajib harus yang bukan penerima PKH, BPNT, Bansos Kemensos, dan Bansos Propinsi. Besaran yag akan diberikan dalam perencaannya adalah 200 ribu x 3 bulan. Pemerintah Desa Losari Lor mendapatkan kuota sebanyak 168 KK dari Bansos ini.
  4. Bantuan Langsung Tunai Dana Desa : naaah, ini yang menjadi poin pentingya karena sumber anggarannya dari Pemerintah Desa, dan datanya diperoleh dari hasil pendataan dan hasil penyisiran Ketua RT beserta tim relawan pendata Desa Losari Lor. Pemerintah Desa Losari Lor menganggarkan sebesar 405 juta (30 %) dari total pagu Dana Desa tahun 2020, dan diberikan kepada 225 KK miskin dengan kriteria sebagai berikut; Bukan penerima PKH, BPNT, Bantuan Kemensos, Bantuan Propinsi, Bantuan Kabupaten, Bantuan Pra Kerja, merupakan warga miskin yang kehilangan pekerjaan dan mempunyai keluarga yang rentan sakit. Besarannya 600 ribu x 3 bulan dan mekanisme penyaluranya melalui tunai, langsung kepada penerima.

Demikian penjelasan mengenai Bantuan Sosial Covid-19, semoga bermafaat dan bisa sama-sam mengawal serta memberikan pengawasan dalam pelaksanaannya.

Sekian terimakasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*