MUSRENBANG DESA Losari Lor Tahun 2023

  • Jan 31, 2023
  • MOH. ARIS IRWANA

Pemerintah Desa Losari Lor mengadakan kegiatan rutin tahunan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang Desa) tahun 2023 untuk DU tahun 2024 (Senin/30 Desember 2023). Dalam pelaksanaan musyawarah tersebut dihadiri oleh lebih kurang 40 peserta yang terdiri dari Pemerintah Desa, BPD, LPM, Ketua RT dan RW se Desa Losari Lor, serta perwakilan tokoh perempuan. Musyawarah dibuka dengan sambutan Kepala Desa Losari Lor (NUROKHMAN, dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal penting terkait Realisasi pelaksanaan Kegiatan Pemerintah Desa di tahun anggaran 2022, dan kegiatan yang sudah ditetapkan dalam APB Desa TA 2023. "Untuk usulan kegiatan Musrenbang Desa agar tetap memprioritaskan sanitasi lingkungan dan fisik pendukung pertubuhan ekonomi", pungkasnya. Selain itu Kasie PMD Kecamatan Losari, WIHARDI, ST. menyampaikan bahwa Musrenbang Desa adalah momen dan wadah atau sarana masyarakat dan Pemerintah Desa untuk bisa mengusulkan dan mengawal bersama kegiatan yang diusulkan, yang nantinya akan dibawa ke Musrenbang tingkat Kecamatan dan bahkan Kabupaten, agar kegiatan tersebut bisa masuk dalam agenda pembangunan Daerah dan terealisasi di tahun beriktunya.
Dalam musyawarah ini ada beberapa Ketua RT yang menyampaikan aspirasi dan usulannya. JASRODI, Ketua RT 003 RW 003 mengusulkan agar kejelasan status Situs Makam Angkawijaya agar segera ditindaklanjuti oleh Pemerintah Desa baik dari segi batas-batas wilayahnya maupun kejelasan kepengurusannya. Kemudian HARYANTO, Ketua RT 005 RW 001 menyampaikan agar Drainase dari Lampu Merah Losari sampai dengan Makam supaya bisa masuk dalam Draft Usulan yang akan dibawa ke Kecamatan dan Kabupaten, disebutkan pentingnya lancarnya saluran drainase sepanjang jalan poros yang merupakan saluran pendukung agar air selalu lancar mengalir ke arah timur tidak lama menggenang d wilayah pemukiman.
Sebagai penutup, di akhir musrenbang Desa telah disepakati dan ditandatangani Berita Acara yang didalamnya memuat daftar usulan kegiatan pembangunan diantaranya;
1. Pembangunan Jalan Poros Lingkar Polsek sepanjang kurang lebih 800 meter
2. Pembangunan Drainase sepanjang Jalan Poros Losari Pengabean sepanjang kurang lebih 1500 meter
3. Pembangunan Gorong-Gorong Plat Beton di 5 (Lima) titik
Besar harapan masyarakat yang hadir dalam musyawarah agar kegiatan-kegiatan yang diusulkan tersebut bisa terealisasi di tahun 2024 nanti.